Harapan Menkominfo Kemunculan Unicorn Baru Dari fintech

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berharap negeri ini bisa menambahkan lagi perusahaan rintisan digital dengan valuasi lebih dari USD1 miliar.

Sejauh ini sudah ada 4 unicorn kebanggaan bangsa di antaranya Tokopedia, Bukalapak, Go-Jek, dan Traveloka.

Tahun depan lah setidaknya harus ada satu unicorn baru. Jadi menjadi unicorn ke-5 Indonesia, ujarnya saat meresmikan Jenius X EV Hive Coworking Space, di Menara BTPN, Jakarta, Rabu (7/3).

Dia berharap, nantinya unicorn selanjutnya bisa dari sektor fintech. Kemungkinan kata dia, perusahaan fintech bisa menjadi unicorn ketika unicorn ke-5 sudah muncul.

Optimismenya saya itu unicorn dari fintech itu yang ke-6. Yang ke-5 dari yang lainlah, katanya yang enggan menyebutkan siapa calon unicorn ke-5.

Ia juga mengatakan, perusahaan rintisan digital agar menjadi unicorn di sektor fintech itu tergantung dari ekosistemnya. Salah satunya yakni soal regulasi. Regulasi untuk sektor fintech harus memberikan ruang untuk berinovasi.

Kalau di Kemkominfo, menerapkan light touch regulation, tidak memperketat dan mempermudah hanya cukup daftar online dan registrasi. Sebab, startup kan success rate tidak sampai 5 persen, belum usaha sudah minta izin, kan belum tentu berhasil, ungkap dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *